Friday, 28 August 2015

SOTO GOMBONG PAK PARMIN PISANGAN BARU

Jakarta - Pisangan Baru. Sudah 20 tahun lebih Pak Parmin berdagang Soto Gombong di samping Sekolah Dasar Negeri BO Pisangan Baru. 40 tahun yang lalau Pak Parmin merantau ke Jakarta dari daerah asalnya di daerah Gombong Kabupaten Kebumen Jawa Tengah dengan niatan untuk mengadu nasib di Ibukota, tak mempunyai keahlian yang memadai untuk bertarung di kehidupan Ibukota pak Parmin pun tidak putus asa untuk berjuang di kerasnya kehidupan Ibukota. Dengan kemampuan memasak Soto Gombong yang diturunkannya dari kedua orang tuanya, pak Parmin mencoba peruntungan nasib rejekinya dengan berjualan Soto Gombong.

sushizein.com

Peruntungan nasib yang dicobanya ternyata membuahkan hasil, banyak warga disekitar tempat tinggal pak Parmin yang menyukai citarasa khas dari Soto Gombong yang dibuatnya, menurut beliau yang membedakan Soto Gombong dan Soto Ayam adalah adanya perkedel dari singkong yang terdapat didalam olahan menu Soto Gombong yang disebut getuk ketela. Getuk ketela ini berasal dari singkong yang ditumbuk halus dan dibentuk bulat pipih yang digoreng menyerupai perkedel pada biasanya tetapi dengan tidak menggunakan telur sebagai baluran dari kulit luar getuk ketela itu sendiri. Pada dasarnya rasa dari Soto Gombong sendiri mirip sekali dengan Soto Ayam pada umumnya hanya saja getuk ketela yang disajikan bersama suiran ayam, bihun, sayuran kol lah yang membedakannya. 

Soto Gombong Pak Parmin (sushizein.com)

Soto Gombong sendiri saat ini sudah jarang bisa dijumpai, "Orang asli Gombong sendiri sudah tidak banyak yang jualan Soto Gombong, karena anak muda sekarang sudah kurang berminat untuk meneruskan keahlian memasak Soto Gombong ini," Tutur Pak Parmin. 

Pengunjung Soto Gombong Pak Parmin (sushizein.com)

Untuk satu mangkok Soto Gombong yang dijualnya harga yang ditawarkan pak Parmin dibilang sangat murah yaitu Rp. 8.000,- jika ingin tambahan daging para pembeli bisa memilih aneka tusukan yang tersedia seperti sate kulit ayam dan sate dari jeroan ayam dengan kisaran harga Rp. 2.000 s/d 3.000. Sate Gombong Pak Parmin ini buka dari pukul 08.00 WIB sampai dengan 16.00 WIB. 

Jakarta 28 Agustus 2015
10.54 WIB


Share this

1 Response to "SOTO GOMBONG PAK PARMIN PISANGAN BARU "

  1. Tulisannya sangat menarik sekali dan mudah inspiratif, saya juga mempunyai tulisan yang berkaitan dengan explore indonesia, klik http://indonesia.gunadarma.ac.id :D :D Happy Sharing :D

    ReplyDelete