Tuesday, 18 August 2015

UNIKNYA NASI BRABU DESA PUTATSARI GROBOGAN JAWA TENGAH

Grobogan - Ada yang sudah tahu atau sudah mencicipi Nasi Brabu? Kalau sudah mencicipi nasi ini kamu kamu pasti pernah merasakan keunikan rasa dari nasi brabu ini. Buat yang belum pernah mencoba, kasiiiannn deh lho. ^.^, so buat yang belum pernah mencicipi jangan bersedih hati, karena dalam tulisan kali ini si gembel akan menggambarkan uniknya rasa dari nasi brabu dari daerah Grobogan. 

Sebenarnya apa sih Nasi Brabu itu? ketika para gembel melakukan perjalanan mengunjungi daerah Putatsari Grobogan Jawa Tengah dari Yogyakarta, para gembel ingin sekali merasakan jajanan unik dari setiap daerah yang dikunjungi, kali ini para gembel kebetulan mampir ke pasar tradisional di daerah ini. berhubung matahari sudah menampakkan mukanya dan perut para gembel sudah rewel, kami pun pergi ke pasar tradisional di daerah ini untuk mencari sarapan unik khas daerah Putatsari dengan berjalan ke pasar lokal di daerah ini. Sesampainya di pasar para gembel menemukan jajanan unik ini yang lumayan tersebar banyak di pasar yang boleh dibilang tidak besar. Setelah kita bertanya-tanya ala citizen journalist dengan warga setempat, menurut mereka nasi brabu ini merupakan nasi yang terbuat dari jagung kering yang ditumbuk kemudian diolah menjadi nasi jagung. Soal rasa sendiri sebenarnya sih kalau dibilang rasanya hambar dan agak seret kalau dimakan, maklum karena nasi ini berbahan dasar dari jagung yang pasti sensasi unik bisa dirasakan ketika kita makan nasi ini. Pokoknya rasanya eksotis. ^.^

Nasi brabu ini dijual berbentuk bungkusan yang dibungkus dengan daun jati. Untuk satu bungkus nasi brabu ini harga yang ditawarkan sangat-sangat murah hanya Rp. 1.000 sementara jika ingin dilengkapi dengan lauk-pauk yang berisi bihun dan urap, nasi ini bisa dibawa pulang dengan harga Rp. 2.000 per bungkusnya. Wawww... kebayang kan murahnya. Untuk porsi yang ditawarkan pun menurut kita sih mengenyangkan bingits, porsinya gueeede. 

Penjual Nasi Brabu (Source: Photo Pribadi)

Nasi Brabu & Aneka Lauk Pauk  (Source: Photo Pribadi)

Nasi ini cocok sekali dinikmati ketika sarapan di pagi hari, karena nasi ini bisa mengganjal perut kita sampai siang hari. Jika kamu kamu berkesempatan mengunjungi daerah Grobongan, nasi brabu ini merupakan kuliner tradisional yang wajib kamu coba saat sarapan. 


Nasi Brabudihidangkan dengan lauk urap, tempe goreng dan sambal (Source: Photo Pribadi)


Selain nasi brabu yang dijual di pasar ini ada juga jajanan tradisional dengan rasa manis dengan dibungkus dengan daun jati yang para gembel temukan di daerah ini. Jajanan ini disebutnya candil, mungkin jajanan ini sudah tidak asing lagi kita dengar dan mungkin sebagian dari kamu pernah mencicipi kenyal, gurihnya dari jajanan candil ini. Sebenarnya sih jajanan candil ini biasa saja cuma yang membuat mata para gembel terbelalak adalah harganya yang sangat sangat sangat sangat murah. Saking murahnya sangatnya kita tuliskan banyak. Hihihi... Harga dari jajanan ini cuma Rp. 2.000 untuk lima bungkus yang tiap bungkusnya diisi dengan varian candil yang berbeda-beda seperti getuk, ketan hitam, cendil dan sebagainya. Itu artinya tiap bungkus dari jajanan ini dihargai Rp. 400. (Jakarta kagak ada makanan semurah ini, 400 perak bo)

Candil Getuk (Souce: Photo Pribadi)

sushizein.com

Seperti tagline yang terdapat di T-Shirt dagangan VJ Daniel yang bertuliskan Damn I Love Indonesia. Para gembelpun semakin cinta dengan keaneka ragaman, kebudayaan dan keunikan negara kita sendiri. 

Bener Salah Indonesia Negeri Gue. Makin cinta sama Indonesia. Negeri Gue Indah Bro. Cuma disini di INDONESIA.

HAPPY 70TH INDEPENDENCE DAY INDONESIA

Jakarta 21 Februari 2015
14.25 WIB





Share this

1 Response to "UNIKNYA NASI BRABU DESA PUTATSARI GROBOGAN JAWA TENGAH"

  1. Info, bagi yang punya usaha katering lebih baik menggunakan dus makanan yang terbuat dari kertas.
    Info lebih lanjut klik di sini http://www.greenpack.co.id/

    ReplyDelete