Wednesday, 14 September 2016

ITINERARY MALAYSIA 4 HARI 3 MALAM PART 1

Para penumpang penerbangan Air Asia QZ 200 tujuan Kuala Lumpur diharap untuk memasuki boarding room. Panggilan untuk segera memasuki boarding room sudah terdengar dengan lantang ketika para gembel menunggu di terminal keberangkatan 2F Bandara Soekarno Hatta. Seketika itu pun kami langsung memasuki boarding room untuk segera menaiki pesawat. Kali ini kita berangkat ke Malaysia bersama 6 orang, memasuki imigrasi langsung lah kita menuju gate E4 dimana pesawat yang akan kami tumpangi berparkir ria untuk menunggu kedatangan kami, siapa sangka ruang tunggu di gate E4 sudah penuh sesak dengan para penumpang dengan tujuan Malaysia dan Singapura. Menurut pantauan gembel ruang tunggu di gate E4 ini tidak layak sekali, ruang tunggu terasa tidak nyaman, bangku ruang tunggu hanya sedikit ditambah dengan panasnya ruangan di dalam ruang tunggu meskipun ada Air Conditioner yang berhembus namun hembusannya tidak terasa akibat terlalu banyaknya penumpang yang sedang menunggu untuk diterbangkan. 

Sesuai jadwal yang tertera di tiket akhirnya pesawat kami pun bersedia untuk segera take off dari landasan pacu Bandara Soekarno Hatta pukul 11.30 WIB. Setelah berbagai macam ritual sebelum take (safety flight anouncement) selesai akhirnya pesawat Air Asia QZ 200 yang kami tumpangi berhasil mulus take off. Bismillah... Itulah ucapan pertama yang kami lontarkan ketika pesawat akan take off meninggalkan langit Jakarta. 

Perjalanan ke Kuala Lumpur Malaysia kami tempuh kurang lebih selama 2 Jam, tidak banyak aktivitas yang kami lakukan ketika pesawat sudah berada diatas ketinggian kurang lebih 30.000 kaki, sekiranya begitu yang saya dengar dari pak pilot sebelum pesawat kami lepas landas. Mulai dari perbincangan penumpang, mondar mandirnya Pramugari dan Pramugara yang menjajakan makanan dan minuman serta souvenir dari Air Asia, serta pulasnya teman saya yang terlelap dalam tidurnya (maklum begadang kagak tidur, saking excitednya pengen jalan-jalan). Seakan ada yang menghipnotis mata saya, berkali-kali pula mata saya menatapi bentangan langit biru dan gumpalan awan yang sangat luas semakin mengigatkan kami atas ke Agungan dan Kebesaran dari sang Maha Pencipta Allah SWT. Masya Allah... Allahu Akbar, sungguh indah ciptaan Mu Ya Allah. Keagunan dan Kebesaran dari Sang Pencipta ini mengingatkan saya atas salah satu firmanNya mengenai pencipataan langit. Firman Allah: 

اللَّهُ الَّذِي رَفَعَ السَّمَاوَاتِ بِغَيْرِ عَمَدٍ تَرَوْنَهَا ۖ ثُمَّ اسْتَوَىٰ عَلَى الْعَرْشِ ۖ وَسَخَّرَ الشَّمْسَ وَالْقَمَرَ ۖ كُلٌّ يَجْرِي لِأَجَلٍ مُسَمًّى ۚ يُدَبِّرُ الْأَمْرَ يُفَصِّلُ الْآيَاتِ لَعَلَّكُمْ بِلِقَاءِ رَبِّكُمْ تُوقِنُونَ


Artinya: 
Allah-lah yang meninggikan langit tanpa tiang (sebagaimana) yang kamu lihat, kemudian Dia bersemayam di atas A'Arasy, dan menundukkan matahari dan bulan. Masing-masing beredar hingga waktu yang ditentukan. Allah mengatur urusan (mahluk-Nya), menjelaskan tanda-tanda (kebesaran-Nya), supaya kamu meyakini pertemuan(mu) dengan Tuhanmu. (QS: Ar-Ra'd Ayat:2)

Source: Photo Pribadi

Dalam keheningan kabin pesawat sang kapten memberitahu para penumpangnya bahwasannya pesawat yang kami tumpangi akan tiba mendarat kurang lebih 5 menit lagi di Bandara Internasional Kuala Lumpur 2, "Alhamdulillah sampe juga..." sahutan nada kegirangan teman dari kursi belakang bangku saya menyeru namaNYA dengan penuh gembira bahwa dirinya akan menginjakan kakinya pertama kali ke negeri orang. Touch Down! Alhamdulillah... Ucapan rasa syukur pun saya lontarkan ketika pesawat kami sudah melakukan pendaratan mulusnya di Bandara KLIA2. 

Para penumpang bergegas meninggalkan bangku masing masing untuk menuju garbarata, tak ketinggalan kamipun mengikuti jejak penumpang lainnya ingin segera menikmati kemegahan Bandara KLIA 2, oh iya ada sedikit info mengenai Bandara KLIA2 ini, Bandara KLIA 2 ini adalah bandara khusus untuk pesawat-pesawat berbiaya tarif rendah atau yang biasa dikenal dengan LCC (Low Cost Carier) dan juga merupakan home base bagi maskapai penerbangan Air Asia. Meskipun Bandara ini dikhususkan untuk maskapai dengan tarif rendah namun fasilitas yang disajikan di bandara ini melebihi Bandara Soekarno Hatta, T_T sedihh... Hihihi... mungkin suatu saat nanti ada pembenahan dari pihak Angkasa Pura untuk memperbaiki Bandara Soekarno Hatta. Lanjut...!

Sesuai jadwal yang tertera di itinerary perjalanan kami bahwasannya pesawat akan landing di KLIA2 Jam 14.30 waktu Malaysia. Singkat cerita sampailah kita di antrian loket imigrasi Malaysia, Wow! Ternyata antriannya padet merayap, antrian yang padat ditambah kurang dinginnya AC membuat keadaan di loket imigrasi makin sembraut, seperti yang terjadi pada seorang bapak asal Malaysia yang mengantri tepat dibelakang saya. Bapak tua itu ngedumel mengeluarkan kata-kata agar antrian barisan depan untuk mempercepat antriannya. Selesai dari loket imigrasi dan security check in kamipun segera melanjutkan perjalanan kami untuk membeli tiket bus yang akan membawa kami ke pusat kota Kuala Lumpur. Counter tiket bus ini terletak di lantai bawah dari KLIA2. Sebelum membeli tiket kami pun beristirahat sebentar untuk meringankan beban otot-otot pada tubuh kami di ruang tunggu counter tiket bus. Sambil beristirahat salah satu teman kami mencoba untuk membeli SIM Card untuk bisa dipakai biar para gembel tetep bisa eksis ngalay ^•^, hihihi... Pilihan kami jatuh pada Sim Card DIGI, dengan harga RM60 untuk quota paket data sebesar 20 GB selama seminggu. Share cost pun mulai terjadi saat ingin membeli SIM Card ini, masing-masing personil Gembel Traveler dikenakan RM10 untuk patungan membeli SIM Card ini. (RM10X6 Orang=RM60). 


Runaway KLIA 2
Perjalanan dilanjutkan menggunakan Skybus menuju pusat kota Kuala Lumpur, untuk bisa menggunakan Skybus ini teman-teman harus merogoh kocek sebesar RM11 untuk menuju pusat kota Kuala Lumpur. Kalian bisa mendapatkan tiket Skybus ini dengan membelinya di Counter tiket bus yang berada di lantai bawah dari KLIA2 ini. Jarak tempuh dari KLIA2 ke pusat kota Kuala Lumpur ditempuh kurang lebih selama 1 jam perjalanan. Sesampainya di KL Sentral kita langsung naik menuju eskalator untuk melanjutkan perjalanan kami menggunakan menggunakan MRT ke pusat kota. Stasiun MRT ini berada bersebelahan dengan KL Sentral, kalian tinggal jalan menggikuti sign board untuk menuju MRT Station yang terletak di dalam Mall KL Sentral. 

Untuk menuju ke Bukit Bintang dari KL Sentral, kalian harus membeli tiket yang berada di areal KL Sentral Station seharga RM2.5 atau Rp. 8.262 dengan membeli melalui Ticket Vending Machine. 

Ticket Vending Machine (Diperankan oleh model sukarela ^.^)
syifadiyatma.blogspot.com
Dari KL Sentral station menuju Bukit Bintang station terbilang singkat, hanya memakan waktu kurang lebih 10 menit. Suasana saat kami menaiki MRT lumayan agak ramai dikarenakan waktu pulang kerja warga Kuala Lumpur. 


Inside MRT Kuala Lumpur


View dari dalam MRT yang terlihat lumayan padat 

Perjuangan masih menggelayuti para gembel saat hendak menemukan hostel di daerah Bukit Bintang. Letak hostel ini ternyata terselip di antara jalan yang menanjak dan menurun serta klub-klub malam yang berjejer di jalanan Changkat Bukit Bintang. Sebelum check-in di hostel yang akan kami tuju kami menyempatkan untuk beli air mineral di salah satu minimarket yang berada di kawasan Bukit Bintang, namanya Pasar Raya KK, kalau di Indonesia seperti Alfamart atau Indomart lah ya. Pasar Raya KK ini beroperasi selama 24 jam lho dan bisa menjadi referensi utama untuk membeli kebutuhan sehari-hari saat kita berada di Malaysia. Selain Pasar Raya KK ada juga Seven Eleven, 77 dan News Maker dan lain-lain.  



Pasar Raya KK di Petaling Street

Hostel ini berada di lantai dua salah satu klub malam di jalan Changkat Bukit Bintang. Hostel ini kami pesan melalui situs booking.com yang sudah sering kali menjadi referensi saya ketika akan menginap di hotel maupun hostel baik dalam dan luar negeri. Untuk hostel yang satu ini tampaknya ada ketidak cocokan antara review yang ditampilkan didalam situs mereka dengan keadaan sebenarnya. Oh My God... hostel ini sungguh diluar dugaan ekspektasi saya. Fasilitas yang ditawarkan sangat jauh dari review yang diberikan oleh para customer. (Curiga nih, jangan-jangan yang mereview bayaran semua). Mulai dari tidak adanya Dispenser air, toilet yang jorok, kebersihan hostel yang berantakan. OMG gak mau lagi deh nginep di Serenity Hostel. It Was Bed! Mungkin gara-gara murah kali ya ^.^. Anyway masalah hostel sebenernya gak menjadi masalah berati buat para gembel, yang terpenting para gembel bisa beristirahat dengan dihiasi mimpi berkelana mengunjungi dunia sebagai penyemangat hidup. Aammiin...


Tampak dari kejauhan KL Tower dari jalan Changkat Bukit Bintang


Hari kedua perjalanan kami dilanjutkan dengan agenda mengunjungi tempat persembahyangan umat Hindu India yang berada di kawasan Batu Caves, tempat ini merupakan salah satu iconic place jika kita hendak mengunjungi Malaysia. Daya tarik dari tempat ini adalah adanya Patung Murugan salah satu dewa dalam agama Hindu. Patung ini berdiri dengan ketinggian 42.7 M, selain patung tersebut di dalam komplek candi ini juga terdapat Gua Cathedral atau Gua Kuil, memiliki tinggi 100 m dan langit-langit berukir fitur kuil Hindu. Untuk mencapainya, pengunjung harus mendaki curam dari 272 langkah. Di dasar bukit dua kuil gua lagi, Gua Galeri Seni dan Museum Gua, baik yang penuh dengan patung-patung Hindu dan lukisan. 


Iconic Patung Murugan 


Say Hi untuk para gembel. Hi...
Untuk menuju ke kuil ini dari tempat kami menginap di Bukit Bintang kami harus berjalan kurang lebih 200 meter menuju station MRT Bukit Bintang untuk kemudian lanjut ke KL Sentral dengan membeli tiket MRT sebesar RM2.5 dan dilanjutkan dengan membeli tiket KTM Komuter dengan harga RM2.6. Batu Caves ini terletak di Platform No.3 KTM Komuter dari station KL Sentral 

Platform 3 KTM Komuter di Station KL Sentral


Tiket KTM Komuter RM2.6 ke Batu Caves


Dapet temen baru dari Australia. Give them Hi Five. Hi...

KTM Komuter menuju Batu Caves

Saat berkunjung ke Batu Caves dari KL Sentral Station ada sedikit kejadian yang membuat salah satu temen kami harus merogoh dompetnya lebih dalam, salah satu teman kami kehilangan tiket KTM Komuter yang sudah dibeli saat berada di KL Sentral Station, ketika hendak menuju pintu keluar Batu Caves Station teman kami tersadar bahwa tiket yang sudah dibeli hilang, entah apa yang ada dipikiran salah satu gembel yang satu ini sehingga tiketnya bisa hilang. Ketika hendak diperiksa oleh salah satu petugas jawatan kereta api teman saya tidak bisa menunjukkan tiketnya, alhasil teman kami "disandera" untuk sementara waktu mengklarifikasi kenapa tiketnya bisa hilang. Setelah melewati ceramah singkat dari sang petugas, teman kami diharuskan membayar denda tambang (ongkos) sebesar RM30 atau kurang lebih 100 ribu kurang dikit. Hadehhh... apa daya uang RM30 harus keluar untuk membayar denda. 

Sekitar pukul 13.30 waktu Malaysia kami pun melanjutkan perjalanan kami menuju KL Sentral. Perjalanan dari Batu Caves ke KL Sentral station tidak memakan waktu lama kurang lebih 15 menit perjalanan, Batu Caves Station dan KL Sentral sama sama ujung dari station. Dengan membayar RM2.6 kita sudah bisa menyambangi kembali KL Station untuk lanjut perjalanan ke Bukit Bintang. Sebelum ketibaan di Bukit Bintang kami bergegas untuk membeli paket tiket Resort World Genting Highland. Counter tiket dari RW Genting Highland ini berada sebelum pintu keluar dari KL Sentral di lantai pertama. 


Harga tiket menuju Resort World Genting Highland

Counter Tiket Bus Resort World Genting Highland

-TO BE CONTINUED-



ITINERARY MALAYSIA 4 HARI 3 MALAM

HARI/TANGGAL
AKTIVITAS
KETERANGAN
HARGA
Jum’at/19-8-16
Beli paket data internet DIGI RM60 (10x6 Orang)
KLIA 2 (ruang tunggu Counter Bus)
RM10
Tiket Skybus dari Bandara KLIA2 ke KL Sentral
Counter Skybus terletak di basement floor KLIA 2 (Lantai Dasar)
RM11
Tiket MRT dari KL Sentral ke Bukit Bintang Station
Ticket Vending Machine KL Sentral
RM2.5
Serenity Hostel Bukit Bintang RM69 (4D3N)
Serenity Hostel Bukit Bintang
RM69
Beli air mineral ukuran 1 Liter
Pasaraya KK (Mini mart)
RM2.5
Makan nasi goreng ayam India dan Lemon Tea
Jalan Alor Bukit Bintang. Resto halal tidak begitu banyak di jalan Alor, sebelum makan biasakan bertanya kepada penjualnya apakah halal atau tidak (No Pork No Lard)
RM13
(10+3)
Jajan chicken snack
Jalan Alor Bukit Bintang
RM10
Keliling Kuala Lumpur menggunakan bus GO-KL Purple Line
Halte pemberhentian di seberang Pavilion Kuala Lumpur
Gratis
Beli air mineral ukuran 1 Liter
Pasaraya KK (Mini mart)
RM 2.5
Sabtu/20-8-16
Tiket MRT dari Bukit Bintang Station ke KL Sentral
Ticket Vending Machine KL Sentral
RM2.5
Tiket KTM Komuter dari KL Sentral ke Batu Caves
Ticket counter KTM Komuter KL Sentral
RM2.6
Manisan untuk sembahyang umat India
Dalam kawasan Batu Caves
RM1
Buah potong dingin
Pintu gerbang Batu Caves
RM1
Tiket KTM Komuter dari Batu Caves ke KL Sentral
Ticket counter KTM Komuter Batu Caves station
RM2.6
Tiket MRT dari KL Sentral ke Bukit Bintang Station
Ticket Vending Machine KL Sentral
RM2.5
Menuju Pasar Seni/Central Market menggunakan bus GO-KL Purple Line
Halte pemberhentian di seberang Pavilion Kuala Lumpur dengan tujuan ke Pasar Seni (Central Market)
Gratis
Beli orange jus
Food stall area Kasturi Walk Central Market
RM3
Beli air mineral ukuran 600 mililiter
Pasaraya KK (Mini mart)
RM1.8
Beli souvenir (key chain/gantungan kunci, miniatur Petronas Twin Tower ukuran besar dan kecil
Didalam area Pasar Seni/Central Market. Harga gantungan kunci 1 paket isi 6 harganya RM6 (beli 3 paket). Untuk miniatur Petronas Twin Tower harganya masing-masing RM7.5 dan RM5
RM43
Pulang Menuju halte Pavilion Bukit Bintang menggunakan bus GO-KL Purple Line
Jalan kurang lebih 200 meter ke pemberhentian GO-KL Pasar Seni
Gratis
Tiket MRT dari KL Sentral ke Bukit Bintang Station
Ticket Vending Machine KL Sentral
RM2.5
Tiket pulang pergi ke Resort World Genting Highland (tiket ini sudah termasuk tiket pulang pergi bus dan skytrain)
Terletak di ujung kiri dari pemberhentian Taxi di KL Sentral
RM21.40
Makan ayam ala kentucky di Uncle Jack Chicken
Uncle Jack Chicken ini terletak di dalam Pasar Raya Giant (Giant Super Market) di kawasan Sunge Wang Bukit Bintang.
RM5.6
Ahad/20-08-16
Beli lemon tea kaleng
Seven Eleven MRT Bukit Bintang station
RM3.30
Tiket MRT dari Bukit Bintang Station ke KL Sentral
Ticket Vending Machine KL Sentral
RM2.5
Menuju Resort World Genting Highland dengan tiket yang sudah kita beli sehari sebelumnya
Letak dari Counter Tiket untuk menuju Resort World ini terletak di sebelah kiri pintu keluar KL Sentral

Beli oleh-oleh (coklat, permen) dan air mineral ukuran 1 liter
Pasar Raya Giant (Giant Super Market) di area perbelanjaan Sunge Wang Bukit Bintang.
RM32.21
Beli lemon tea kaleng
Drinking vending machine didalam are perbelanjaan Sunge Wang
RM2
Makan ayam ala kentucky di Uncle Jack Chicken
Uncle Jack Chicken ini terletak di dalam Pasar Raya Giant (Giant Super Market) di kawasan Sunge Wang Bukit Bintang.
RM6.29

Makan malem masakan khas Malaysia
Halal Food stall Yah’s Kitchen dengan menu, ayam masak jahe, udang pedas dan ikan tiga rasa
RM20
Senin/21-8-16
Tiket MRT dari Bukit Bintang Station ke KL Sentral
Ticket Vending Machine KL Sentral
RM2.5
Tiket Skybus dari KL Sentral ke Bandara KLIA2
Counter tiket Skybus berada di Basement Floor KL Sentral
RM11
TOTAL
RM289,8
Rp. 957.789

Kurs Tanggal 19 s/d 21 Agustus 2016 sebesar Rp. 3.305 untuk 1 Ringgit Malaysia


Tiket Pesawat PP Air Asia sebesar Rp. 459.000 








Kuala Lumpur 19-21 Agustus 2016
14.33 WIB

Share this

0 Comment to "ITINERARY MALAYSIA 4 HARI 3 MALAM PART 1"

Post a Comment