Thursday, 7 September 2017

EKSIS PUNYA MENTAL KAYA

Hasil gambar untuk mental kaya
Source: Thinkstock


#Mental kaya itu gak mau minta-minta pada, manusia, kalo gak punya ya udah gak usah maksa, buat apa punya 'apa-apa' tapi hasil minta-minta...

#Mental kaya itu selalu bersyukur, di bibir nyebut Alhamdulillah, di hati tenang gak iri ke orang lain, di mata gak silau lihat kanan kiri...

#Mental kaya itu ketika jalan kaki bersyukur "Alhamdulillah Ya Allah masih bisa jalan, banyak orang yang gak punya kaki, atau lumpuh gak bisa jalan-jalan".

#Mental kaya itu kalo naik sepeda bersyukur, "Alhamdulillah Ya Allah... Banyak tetangga yang kemana-mana jalan kaki, saya masih bisa genjot sana-sini".

#Mental kaya itu ketika pake motor bersyukur "Alhamdulillah Ya Allah... Bisa ngegas! Walau motor butut yang penting bisa kesana-sini lebih cepet".

#Mental kaya itu kalo pake mobil dah gak gampang ngiri dengan yang mereknya lebih keren, "Alhamdulillah Ya Allah udah gak kehujanan, gak kepanasan kemana-mana".

#Mental kaya itu gak kabur ketika teman dan tetangga minta bantuan, kalo gak bisa ngutangin kasih sedekah buat mereka, berapapun...

#Mental kaya itu gak harus kamu punya apa-apa, tapi kamu BERSYUKUR dengan apa YANG KAMU PUNYA. Wis udah nyicil mental kaya, kalo udah kaya gak kagetan lagi.

#Mental kaya itu berani tanggung jawab, kalo lagi makan bareng teman gak pelit ngeluarin dompet duluan. Gak perlu merengek-rengek "traktir aku yaa"

#Mental kaya itu selalu merasa CUKUP! Gak haus harta benda yang cuma buat pamer semata. Mobil harus lima, baju lemari tiga, rumah dimana-mana.

#Mental kaya itu ketika merasa cukup, jadi rutin berbagi. Gak pelit ke tetangga kanan kiri, sedekah gak harus nunggu hari Jum'at lagi.

#Mental kaya itu gak ngambil hak orang lain, kalo dia masih korupsi, nilep, doyan suap sana-sini. Pertanda jiwanya masih miskin semiskin-miskinnya.

#Mental kaya itu pantang ngambil hak orang lain sekecil apapun, JUJUR itu dari hati, bukan untuk ditunjukkan kesana-sini. "Gua jujur lhooh! Ahaa...

#Mental kaya itu punya hati yang percaya kalo ALLAH MAHA KAYA. Jadi kalo sedekah dah gak ragu ngosongin dompet. Wuss! Tanpa sisa! Yakin kok hidupnya dijamin Allah.

#Mental kaya itu gak pernah bilang "lagi bokek nih!" Walau gak punya duit, yakin saja hidup selalu dicukupkan Allah! Gak gampang ngeluh walau sedang berpeluh.

#Mental kaya pantang meminta, tapi kalo dikasih terima saja. Hasil minta beda dengan sesuatu yang dikasih, apalagi itu barang yang bermanfaat, jika memang diberi tanpa tendensi monggo diterima.

#Mental kaya itu sudah berani sejak mahasiswa. Malu ah terus ngerepoti orang tua. Uang kuliah aja masih nadah! Cari sendiri laah. Kalo sekolah TK-SMA dibayari orang tua wajar lah, belum baligh! Hehe... Kalo mahasiswa biasanya udah mimpi basah. Cari duit sendiri yah. Masa di depan cewek inceran dandan keren, parfum wangi gentelman, pas bayar kuliah merengek-rengek ngerepoti orang tua. Apa kata duniiiaa!! *Hiyaaaa

#Mental kaya itu imbang. Kalo demo teriak paling depan, kalo dah minta uang kuliah jangan teriak-teriak di kuping orang tua.  Cari sendiri jamin rasanya beda.

#Mental kaya itu berani MANDIRI! Kuliah aja jago cari duit, apalagi kalo dah sarjana, malu ah kalo dah sarjana masih nadah orang tua.

#Mental kaya itu kalo dikasih uang ibu buat bayar kuliah malah bilang "gak usah Bu, ini malah saya ada rejeki buat bapak-ibu" KUEEREENN POLL!!
#Mental kaya itu rela gak beli sepatu dan HP baru, asal bisa bayarin dokter buat ibumu.

*Celotehan Mas Saptuari Sugiarto 

Singapura, 9 September 2017
Jam 12.45


Share this

0 Comment to "EKSIS PUNYA MENTAL KAYA"

Post a Comment